pekerja IT berdoa sebelum mudik liburan

pekerja IT berdoa sebelum mudik liburan

Admin IT juga manusia, berhak untuk mudik. Tapi tetap harus dipersiapkan agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik ketika Anda mudik.

Pekerja IT berdoa server sebelum mudik liburan

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum Anda mudik, agar liburan Anda tidak terganggu dengan masalah server atau troubleshooting seputar layanan online yang Anda kelola.

Seharusnya ini adalah pekerjaan rutin seorang Admin. Mengecek kondisi server dan layanan yang ada di dalamnya. Tapi ketika Anda berniat untuk meninggalkan server tersebut agak lama, sebaiknya Anda memeriksa kondisi server tersebut lebih intensif lagi. Maksudnya agar bisa memastikan, disaat server tersebut ditinggal mudik, layanan online yang ada disana tidak terganggu.

Sebaiknya proses pengecekan server-server dan layanan ini sudah dilakukan seminggu sebelum Anda pergi. Dan diperiksa kembali sehari sebelum Anda berangkat mudik.

Periksa suhu ruangan, kelembaban di datacenter Anda. Apakah AC kurang dingin, kotor dsb. Kalau perlu AC untuk ruangan datacenter di service sebelum Anda tinggal mudik.

Jika memungkinkan, buatlah monitoring suhu ruangan agar bisa diakses dari Internet. Sehingga kalau suhu ruangan tiba-tiba melebihi batas normal, Anda bisa segera mengetahuinya.

Cek juga server-server misalnya, kipas-kipas di PSU atau di processor. Kadang masalah kipas ini bisa membuat server kepanasan dan crash mendadak.

Buat daftar layanan yang harus tetap online dan bisa diakses walaupun semua karyawan di kantor Anda libur. Dari daftar layanan tersebut, Anda bisa mengelompokkan server-server mana yang critical, yang tidak boleh bermasalah saat Anda berlibur.

Kalau perlu server-server tersebut mendapatkan prioritas backup power/UPS yang lebih dari pada server-server lainnya. Dan layanan yang tidak diperlukan, bisa Anda matikan untuk menghemat listrik dan sumber daya lainnya.

Walaupun Anda berlibur, kadang Anda harus tetap bisa memonitor kondisi server-server Anda dari jauh. Atau mungkin Anda tiba-tiba butuh proses troubleshooting dari jauh. Untuk itu, jangan lupa agar menyiapkan koneksi internet yang bisa digunakan di kampung Anda.

Jangan terlalu mengandalkan ke satu koneksi saja, kalau bisa siapkan beberapa koneksi cadangan. Misal, kalau Anda sudah berlangganan layanan internet 3G, siapkan juga layanan dialup (jika di kampung ada telepon rumah tetap). Dan jangan lupa untuk mencatat cara mengkonfigurasi layanan tersebut.

Pernah suatu ketika, saya ingin menggunakan layanan telkomnet instant, ternyata saya lupa nomor yang harus di dial, untungnya saya teringat jingle iklannya waktu itu, jadi bisa melakukan dial.

Topic:

325 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *