Ketahuan mudik pakai mobil dinas

Ketahuan mudik pakai mobil dinas

Langkah konkret yang dilakukan untuk meniadakan penggunaan mobil dinas, salah satunya meletakkan mobil dinas di satuan kerja terkait. Hasban pun optimistis pengawasan terkait penggunaan mobil dinas ini dapat dilakukan. “Saya pikir tidak sulit. Siapa yang menggunakan mobil dinas itu pasti ketahuan. Dia akan diawasi oleh awak media, masyarakat, dan para anggota pejabat itu,” ujarnya.

Ketahuan mudik pakai mobil dinas

Larangan soal penggunaan mobil dinas ini sebelumnya digaungkan Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif. KPK mengimbau para pejabat dan PNS tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik. Pejabat tidak boleh mencampurkan urusan pribadi dengan publik. Senada, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi, juga sudah melarang PNS menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik Lebaran 2016.

Diketahui, larangan penggunaan mobil dinas untuk kepentingan mudik telah diatur dalam Peraturan Menpan RB Nomor 87 Tahun 2005 tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan, dan Disiplin Kerja. Peraturan itu menyebutkan kendaraan dinas operasional hanya digunakan untuk kepentingan dinas yang menunjang tugas pokok dan fungsi.

Peraturan tersebut juga menegaskan penggunaan kendaraan dinas operasional pada hari kerja kantor dan di dalam kota. Kendaraan dinas bisa digunakan ke luar kota asalkan ada izin tertulis pemimpin instansi pemerintah atau pejabat terkait yang ditugaskan sesuai kompetensinya.

Topic:

528 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *