THR Dalam Perjalanan, semoga cepat sampai tujuan

THR Dalam Perjalanan, semoga cepat sampai tujuan

Greeting memang begitu. Kadang-kadang kita mengabaikan artinya, yang penting tepat pengucapannya. Jika selamat pagi, kita sebut di pagi hari. Selamat malam disampaikan ketika matahari sudah terbenam. Selamat siang, ketika matahari terang benderang di atas kepala. Jika Anda mengucapkan salam itu tak sesuai dengan waktu, baru jadi masalah. Sekarang mari kita cermati arti salam di Indonesia yang diucapkan ketika akan berangkat pergi: SEMOGA SELAMAT SAMPAI TUJUAN.

THR Dalam Perjalanan, semoga cepat sampai tujuan

“Salam” atau greeting adalah hal yang menyenangkan. Baik bagi yang mengucapkan, maupun bagi yang mendengarkan. Memberi ‘salam’ kepada orang lain, juga memberikan kesan bahwa yang mengucapkan salam adalah orang yang ramah, sopan, menyenangkan, dan akrab. Coba bayangkan ini ketika Anda berangkat ke luar kota dan mendengar salam begini dari teman Anda atau keluarga, “Semoga selamat sampai di tujuan.”

Bandingkan dengan salam dalam bahasa Inggris,’Have a nice trip’. Kita menerima doa, semoga perjalanan kita menyenangkan. Kalau doa dia tak terkabul, yang terjadi adalah perjalanan kita tak menyenangkan. Jadi, asumsinya, dalam bahasa inggris, soal keselamatan tak perlu dipersoalkan lagi. Sudah pasti selamat sampai di tujuan. Yang jadi soal adalah apakah perjalanan yang meskipun selamat itu akan menyenangkan atau tak menyenangkan bagi kita.

Betapa seramnya greeting yang mengandung doa tersebut. Seram dalam arti, pilihan kita sampai di tujuan adalah ‘selamat’ atau ‘tak selamat’. Seramkan?

Topic:

Tags :
1.325 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *