Buaya lagi puasa

Buaya lagi puasa

Selain karena perubahan musim dan langkanya sumber makanan, beberapa binatang juga berpuasa untuk aktivitas-aktivitas tertentu. Ikan salmon, penguin, angsa, anjing laut, singa laut, dan ulat bulu melakukan puasa pada saat musim kawin. Beberapa di antaranya berpuasa berbulan-bulan. Seekor pejantan anjing laut selalu berpuasa selama menggauli betina pasangannya, bahkan dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama hingga beberapa minggu.

Untuk beradaptasi terhadap perubahan musim dan potensi kekurangan sumber makanan, Allah SWT melengkapinya dengan kemampuan untuk berpuasa. Kelelawar, tikus, landak, katak, kadal air, kadal darat, ular, siput, lalat, lebah, serangga, beruang, dan buaya melakukan puasa ketika meng-hadapi musim dingin dengan polanya masing-masing. Ada yang berpuasa dalam hitungan hari dan ada yang hingga hitungan bulan. Berat badan mereka akan berkurang hingga setengahnya. Namun, sebelum berpuasa, mereka makan sebanyak mungkin.

Buaya juga puasa

Sebaliknya, di daerah dengan musim panas dan kering yang berkepanjangan, binatang-binatang di sekitarnya juga berpuasa. Selain karena langkanya sumber makanan, juga menghindari terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan). Puasa pada musim panas disebut dengan istilah aestivasi atau “tidur panjang pada musim panas”. Binatang-binatang yang berpuasa pada musim panas, seperti buaya, ular, serangga, bekicot, katak, kepiting, dan capung. Ada yang berpuasa beberapa hari saja, tapi ada pula yang berpuasa hingga enam tahun, seperti keong.

Puasa pada musim dingin disebut dengan istilah hibernasi atau “tidur panjang pada musim dingin”. Binatang-binatang yang melakukan hibernasi menurunkan suhu tubuhnya hingga 1°C di atas suhu lingkungannya (contoh: anjing laut, singa laut, ulat bulu, penguin, dan sebagainya). Detak jantung mereka berjalan lambat hingga 2% dibandingkan dengan detak jantung pada saat normal. Konsumsi oksigen mereka pun berkurang hingga 3% dari konsumsi normal.

Topic:

1.274 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *